Pengetahuan psikologi untuk kehidupan

23.40


Hukum pertama adalah bahwa perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi. Hukum kedua adalah perubahan butuh penyesuaian. Hukum ketiga terkait dengan perubahan: adaptasi dan penyesuaian adalah sebuah proses, dan proses membutuhkan waktu.

Orang yang berhasil melakukan adaptasi belum tentu berhasil melakukan penyesuaian Ia memang mengubah perilakunya untuk memenuhi tuntutan situasi tetapi tidak demikian dengan hatinya.

Pertama-tama, yakinlah bahwa beradaptasi dan menyesuaikan diri merupakan kemampuan alamiah kita. Sang Pencipta sudah melengkapi kita dengan sistem kekebalan psikis yang menakjubkan. Coba ingat-ingat mungkin Anda pernah sehabis berjalan keliling mall, saat Anda duduk, Anda baru merasakan betapa pegalnya kaki. Mengapa tidak terasa sebelumnya? Mungkin Anda begitu semangat sampai tidak merasakan lelah.

Ini bukan sekedar persoalan stamina tetapi ini contoh sederhana bahwa manusia memiliki kekuatan psikologis untuk mengatasi tekanan asalkan termotivasi untuk melakukannya. Hanya saja kita sering mengabaikan kekebalan ini, kecenderungan yang dinamakan immune neglect.

Kedua, mungkin untuk dapat meyakinkan lagi bahwa kita mampu, tahukah anda bahwa hidup manusia mengikuti hukum regresi ke arah rata-rata? Maksudnya manusia tidak akan selalu sangat sedih atau selalu sangat senang. 


Pengalaman hidup manusia jika diakumulasikan jumlahnya justru akan mendekati rata-rata. Kenyataan ini sungguh sangat menghibur pada saat kita dalam proses adaptasi. Kita bisa berkata pada diri sendiri,”

"Tenang, masa-masa sulit akan segera berakhir.”

You Might Also Like

0 komentar