Cinta Sepihak Ditinjau Dari Perspektif Psikologi

02.48

Disepanjang hidup manusia Cinta dibahas setidaknya dalam tiga masa. Pertama pada masa remaja sampai sebelum pernikahan, Kedua, pada saat ada badai pernikahan dan ketiga pada Masa senja (tua).

Didunia ini hanya orang yang anda cintai dan mencintai anda yang dapat diharapkan dapat menjadi bagian yang dapat mengurangi beban hidup anda.

Psikolog dan ilmuwan merenungkan apa itu cinta? Tapi mereka berkesimpulan terlalu misterius jika cinta dibicarakan secara scientific/positivistik. Cinta lebih mungkin dikaji dari aspek kualitatif, fenomenologis. mengungkap tentang apa dan bagaimana terkait cinta (rindu, sayang dll). Karena cinta berkaitan dengan pengalaman manusia.

Menurut Jung dan Fromm. Mereka berpendapat cinta seringkali dipahami jika diekspresikan dalam bentuk puisi, seni, musik, lagu. musik merupakan bahasa yang universal. Di dunia ini tidak ada bahasa yang paling universal selain musik. Karena itu musik, lagu menjadi media yang tepat untuk mengekspresikan perasaan. (The Art of Loving).

Baron dalam penelitiannya mengatakan bahwa cinta adalah kombinasi. Campuran antara emosi, kognisi dan perilaku. Cinta sulit dirasakan bagi orang yang belum merasakan cinta. Cinta itu sebenarnya mengandung ilusi. Cinta mengandung banyak kebohongan. Tidak ada penipu yang lebih canggih dari cinta. Kita tidak ada kuasa untuk menolak tipuan dari cinta.

Komponen cinta ada tiga menurut Steinberg.
Pertama Intimacy. Yaitu Kedekatan Psikis dan Psikologis. Kedua, Passion (Hasrat, Gairah, Sex). Sex yaitu merupakan sesuatu yang menyetubuh dalam cinta, Dan ketiga adalah Commitment (Kesungguhan, kehendak, kemauan) untuk menjaga hubungan. Dari ketiga komponen tersebut jika diuraikan bisa kita doatkan karakter cinta sebaggaimana tabel berikut ini.

Consummate Love. Merupakan cinta yang sempurna. Karena tiga aspek terpenuhi dalam consummate love.

Fatuous Love. merupakan cinta yang konyol. hanya ada seks dan komitmen disana dan tidak ada intimacy (kedekatan psikologis).

Companionate Love. Tidak ada passion (gairah) tapi masih ada kedekatan dan komitmen. Cinta Karib

Romantic Love. Cinta romantis/cinta remaja. Ada keintiman, ada gairah tapi tidak ada komitmen. Cinta seperti ini biasanya dialami oleh remaja ABG.

Empty Love. Cinta Kosong. Tidak ada gairah dan keintiman namun mempunyai komitmen.
Infatuated Love. Tidak ada komitmen dan keintiman, tapi ada gairah (sex). Contohnya prostitusi.

Liking. Suka. Hanya sekedar suka/keintiman namun tidak ada gairah dan komitmen. (Contoh TTM)

Non-love. Tidak ada cinta, keintiman dan komitmen.

Cinta sepihak berada pada level Non-love dan liking.

Cinta sepihak terjadi ketika anda mencintai seseorang secara mendalam tapi kemudian cinta anda itu tidak terbalas. Ditolak. Adanya kesenjangan antara apa yang diharapkan dan yang terjadi. Ditolak adalah masalah besar.

Sebuah studi, 98% orang pernah mengalami ditolak. Ditolak itu akan lebih menyakitkan jika yang menolak itu memilih yang lain. Bagaimana jika ditolak?

Prinsipnya cinta itu sebisa mungkin harus memiliki. maka perjuangkan dan dapatkan. Jika dia harus bahagia maka bahagia dengan anda bukan dengan orang lain.

Jika cinta ditolak harus bagaimana? STOP! berhenti. Jika anda ditolak dan anda tetap berusaha maka anda akan terus berharap dan hal tersebut mengakibatkan semakin besar cinta dan pengharapannya yang notabene merupakan ilusi kebahagian yang semu. Pengejaran cinta tersebut akan menjadi kuburan bagi yang berpengharapan.

Cinta sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri, self esteem. Cinta bagai pisau bermata dua. di satu sisi bisa membuat hidup bermakna, disisi lain jika cinta itu tak terbalas akan mengurangi makna hidup (krisis harga diri).

Cinta pertama-tama akan mengubahmu dan bukan yang kau cintai. Itulah mengapa tak ada derita, sakit dan perih yang tersembuhkan dengan cepat dari cinta yang tertolak, dari cinta yang terpisahkan.

Disuatu waktu cinta adalah berkah yaitu ketika cintamu diterima. Dan di satu waktu cinta menjadi bencana dan kutukan yaitu ketika cintamu yang menggelora dan besar itu ditolak. Maka yang seharusnya bukan mengejar tapi sadarlah dia itu sudah menghindar. Kecuali jika kau sanggup menahan rasa sakitnya. Dan celakanya cinta itu memberi ruang akan rasa sakit, banyak orang yang rela sakit jika hidup tanda dirinya.

"..dan dari hari kehari, kegilaanku kian bertumbuh. Kegilaan yang tak diinginkan kesembuhannya. Dan dari hari kehari aku dirundung ketidaktahuan tentang bagaimana kerinduan harus dialamatkan. Kerinduan yang terus menjalar seperti akar-akar pohon tua yang berkeras menembus dinding-dinding masjid. Kerinduan yang tak berujung seperti jari-jemari yang mengitari tasbih. Oh, cinta dan kerinduan. Tercerabut sudah jantung hatiku"

Sampai kapan? Tak terprediksi. Selain itu waktu juga bisa jadi memperparah dan bukan menyembuhkannya. Tak ada obat yang cepat dan mujarab untuknya. Pergi dan sembuhkan luka-lukamu, atau merataplah sembari pura-pura kuat dan bijak. Apapun itu kau tak lebih dari yang kalah, yang terusir dan yang hancur.

Cinta adalah ketika memberi orang lain kekuasaan untuk menghancurkanmu, dan mempercayai mereka untuk tidak melakukannya.

You Might Also Like

0 komentar